Kampung Berseri Astra Balikpapan

First Impression Balikpapan! Kota Indah dengan Sejuta Semangat

Kota Balikpapan menjadi kota kedua yang saya kunjungi di Pulau Kalimantan. Sesuai dengan mimpi sejak kecil, saya ingin melihat seluruh sudut Indonesia. Dan perlahan semua mimpi itu mulai tercapai, setidaknya saya ingin menginjakan kaki di 35 provinsi yang ada di negeri ini. Mungkinkah?

Kenapa tidak! Suatu saat saya pasti sudah men-ceklist semua provinsi itu, Insya Allah kalau masih ada umur. Kota Balikpapan yang berada Provinsi Kalimantan Timur, menjadi provinsi ke 15 dalam karir hidup saya.

Eits, beruntungnya lagi beberapa provinsi yang sudah saya kunjungi adalah dalam ikatan dinas kerja, so free broo. Alhamdulillah rezeki anak sholeh.

Perjalanan Menuju Balikpapan

Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport
Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport

Jadwal keberangkatan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta jam 08.10, mengharuskan saya standby paling tidak jam 7.00 harus sudah di bandara.

Sebenarnya saya kurang nyaman untuk keberangkatan melalui Terminal 1C, dulu pernah harus menunggu di gate yang tertera di tiket tapi ternyata di pindah dan jauh pula. Padahal saat itu saya sedang bersama Ibu saya untuk mudik ke Semarang. *Ah sudah itu masa lalu, biarkan menjadi kenangan.

Bapak dan Ibu teman sebangku
Bapak dan Ibu teman sebangku

Selama di perjalanan saya bertemu dengan sepasang suami istri yang jauh-jauh dari bogor  ke Balikpapan hanya untuk melihat cucunya. Dari percakapan dengan Bapak dan Ibu teman sebangku di pesawat.

Mereka bercerita memiliki 2 orang putra, anak pertama ada di Balikpapan yang ingin mereka kunjungi saat ini. Anak keduanya kuliah dan kerja di Malang, lebih betah di sana; tenang katanya.

Sang Bapak ternyata pensiunan Telkom ini bercerita, di umur yang sudah senja seperti ini sosok anak sangat penting baginya, karena rumah sepi kalau anaknya pergi semua. Sama si Ibu saya juga begitu, kalau dua anaknya pergi akhirnya temennya cuma Si Kembul (nama kucing di rumah).

Malah beliau berpesan ke saya, “Nanti kalau punya anak minimal 5 ya, tapi jangan deket-deket jaraknya”.

Dengan umur mereka sekarang, pastinya kalau pergi jauh butuh tenaga ekstra kan. Semoga diberi kesehatan ya Pak Bu, terima kasih pengalamannya🙏🏻

Baca Juga : Sering Liburan? Ingat Rencanakan Lebih Keuanganmu, Biar Ga Boros!

Kesan Pertama Sampai Di Balikpapan!

Kesan pertama saat sampai di Bandara Sepinggan Balikpapan adalah ucap kagum, tak menyangka saya kalau bandaranya sebagus ini. Jika kamu ke sana akan menemukan banyak spot-spot keren dengan destinasi Kota Beruang Madu.

Keren kan? Padahal ini di dalam toilet Bandara Sepinggan Balikpapan
Keren kan? Padahal ini di dalam toilet Bandara Sepinggan Balikpapan

Tak hanya itu, terdapat sebuah Balikpapan Islamic Center (BIC) yang tak kalah keren dari Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid yang megah dan bersih di tengah perbukitan, semakin menambah keistimewaan tempat ini.

Balikpapan Islamic Center (BIC)
Balikpapan Islamic Center (BIC)

**

Saya pergi ke Balikpapan dalam tugas kunjungan ke Kampung Berseri Astra Karang Joang, dengan membawa beberapa Blogger dan Fotografer lokal untuk mencari materi lomba tulis dan lomba foto dengan keliling kampung tersebut.

Mengangkat tema “Semangat Kampung Indonesia”Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2018 ini bertujuan untuk mengangkat beragam potensi lokal yang dimiliki negeri ini. Dengan ikut lomba ini kamu juga bisa menceritakan keindahan di kampung kamu yang mungkin belum banyak orang tau, bisa melalui foto dan ceritamu loh! Ayo, ikutan biar dapet mobil gengs…

Blogger lokal, Kang Rizal Abdilah
Blogger lokal, Kang Rizal Abdilah

Nah, untuk acara ini saya meminta bantuan blogger lokal bernama Rizal Abdilah, fotonya keren-keren cek aja Instagram-nya, @_hellorizal. Bersama dua temannya Andri dan Arfan membantu saya untuk segala kebutuhan acara Roadshow Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra di Balikpapan.

Baca Juga : Kecamatan Rappocini, Ketika Sampah Jadi Berkah!

Sebuah Kampung Penghasil Belimbing Madu

Sebuah Kampung Penghasil Belimbing Madu
Sebuah Kampung Penghasil Belimbing Madu. Foto by @lidhamau

Saya berkunjung ke sebuah tempat yang masih asri dan bersih bernama Kampung Berseri Astra Karang Joang, lokasinya sekitar 30 menit dari pusat Kota Balikpapan, tak jauh dari jalan utama provinsi Balikpapan – Samarinda. Saya bersama kawan-kawan Blogger Balikpapan, menyusuri setiap sudut kampung ini.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu tak perlu khawatir, pada gerbang masuk terpampang jelas tulisan Kampung Berseri Astra ini.

Kunjungan kami di warnai dengan hujan rintik yang menambah kesejukan tempat ini. Walaupun hujan, tak menyurutkan warga di sini untuk berkegiatan. Anak-anak tetap belajar di sekolah, dan Ibu-ibu sedang melakukan kegiatan senam.

Sambil melihat senam, kami pun ditawari beberapa beberapa cemilan seperti klepon, tiwul, getuk, olahan dari pisang dan singkong, kacang serta ubi rebus.

Beberapa jenis cemilan masih asing saya lihat, sampai-sampai beberapa kawan blogger bermain tebak-tebakan nama cemilan tersebut. Banyak cemilan khas kampung saya ternyata. Jadi kangen kampung wkwk.

Proses Pembuatan Kain Majun
Proses Pembuatan Kain Majun. Foto by @_hellorizal

Selain cemilan juga ada buah dan olahan khas dari kampung ini loh! Seperti belimbing madu dan salak, ada juga yang sudah diolah jadi manisan salak.

Saat ini, wirausaha di KBA Karang Joang terus dikembangkan. Dua usaha yang digadang-gadang menjadi ciri khas KBA Karang Joang adalah belimbing madu dan majun (kain lap).

Baca Juga : Take Me Back To Liwa, Perjalanan Panjang Menuju Lampung Barat!

Rumah Pintar & Pusat Informasi Sahabat Anak KBA Karang Joang

Rumah Pintar & Pusat Informasi Sahabat Anak KBA Karang Joang
Rumah Pintar & Pusat Informasi Sahabat Anak KBA Karang Joang. Foto by @_hellorizal

Puas berkeliling sekolah dan melihat beberapa hasil perkebunan warga, kami melanjutkan ke Rumah Pintar & Pusat Informasi Sahabat Anak yang merupakan bagian dari program Astra Untuk Indonesia Cerdas.

Sampai saat ini Rumah Pintar Astra terus berusaha produktif, namun masih kurang dalam sisi pengurus. Sehingga, beberapa kali ditemukan Rumah Pintar Astra nampak sepi dan tertutup.

Padahal, selain sebagai rumah baca dan edukasi, pada bangunan yang sama juga digunakan sebagai Balai Pertemuan. Oleh karena itu, SDM yang mumpuni sangat dibutuhkan di sini. Mungkin kamu berminat membangun Rumah Pintar ini?

“Kami masih mencari SDM yang tepat untuk benar-benar mampu mengelola Rumah Pintar dan melanjutkan kegiatan yang sedang berjalan. Kami memang menyasar anak muda, selama ini ada volunteer dan juga ada anak KKN yang turut membantu,” ungkap salah satu tim koordinator CSR Astra Balikpapan.

Baca Juga : Cara Menuju Pulau Togean, Salah Satu Surganya Indonesia!

Jembatan Panjang DAS Waduk Manggar, Penghubung Kehidupan Warga Karang Joang

Kampung Berseri Astra Balikpapan
Kampung Berseri Astra Balikpapan. Foto by @_hellorizal

Satu hal lagi yang unik di Kampung Berseri Astra Balikpapan ini adalah terdapat Jembatan Panjang DAS Waduk Manggar yang menghubungkan dua RT.

Jembatan ini terbentang sepanjang 160 meter dan lebar 2 meter, membelah kawasan RT 25 dan RT 26 Kelurahan Karang Joang.

jembatan panjang das manggar
Jembatan Panjang Das Waduk Manggar.

Sebelum 2015, selama 8 tahun warga setiap harinya harus menyeberangi waduk yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Semenjak dibangun jembatan panjang ini sangat membantu kehidupan warga di kawasan Waduk Manggar.

Dengan dibangunnya Jembatan Panjang, warga tidak lagi harus menyeberang menggunakan perahu dayung untuk bepergian dari satu RT ke RT lainnya. Jembatan ini menjadi jalan penyambung transportasi yang lebih singkat waktu tempuhnya bagi warga.

***

Yap, itulah cerita dari sebuah perjuangan warga di Kampung Berseri Astra Karang Joang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Terlepas dari campur tangan Astra International untuk membantu warga setempat, ada sebuah Semangat Kampung Indonesia yang mereka ciptakan untuk mencapai kesejahteraan bersama.

 

Baca Juga : Kacang Sembunyi May Lov, Potensi Besar Penggerak Ekonomi Kota Banjarbaru!

 

Sumber tambahan :

www.bulirjeruk.com

www.rizalbackpack.com

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *