Cara Menuju Pulau Togean, Salah Satu Surganya Indonesia!

Cara Menuju Pulau Togean, Salah Satu Surganya Indonesia!

Kamu pernah berkunjung ke Pulau Togean? Kalau belom, enggak ada salahnya menikmati wisata alam yang memukau serta surga bawah laut pulau yang satu ini.

Pulau Togean adalah salah satu destinasi taman bawah laut terbaik menurut saya. Hanya saja tak populer seperti Bali, Lombok, FloresPulau Komodo ataupun Raja Ampat. Tapi, keindahan alam Pulau Togean enggak kalah cantik kok.

Namun sayangnya, banyak wisatawan yang enggan pergi ke sana lantaran biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Tapi tenang, sebenarnya semua itu bisa kamu akali kok agar tak mengeluarkan biaya lebih.

Baca Juga : Kecamatan Rappocini, Ketika Sampah Jadi Berkah!

Keindahan Pulau Togean, Bikin Pengen Balik Lagi!

Ekosistem Padang Lamun, secara ekologi, lamun mempunyai beberapa fungsi penting di Kepulauan Togean, karena merupakan sumber produktivitas primer di perairan dangkal dan merupakan sumber makanan penting bagi banyak organisme (dalam bentuk detritus).

Lamun berfungsi menstabilkan dasar-dasar lunak kebanyakan spesies tumbuh, terutama dengan sistem akar yang padat dan saling menyilang.

Lamun merupakan salah satu komunitas di perairan yang umumnya hanya mempunyai satu atau beberapa spesies dominan dan strukturnya tampak sederhana serta homogen.

Tumbuhan penyusun Padang Lamun di Perairan Taman Nasional Kepulauan Togean berdasarkan hasil pengumpulan data oleh tim pemetaan MCRMP (2004) yakni berjumlah tujuh spesies, yang terdiri atas Cymodocea rortundata, C. serulata, Enhalus acroides, Thalassia hemprichii, Halodule Uninervis, Halophila Ovalis dan Syringodium Isotifolium.

Di setiap lokasi pengamatan dijumpai karakteristik tumbuhan yang berbeda-beda. Thalassia hemprichii dan Enhalus acroides hampir ditemukan di semua kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Baca Juga : “Kacang Sembunyi May Lov” Potensi Besar Penggerak Ekonomi Kota Banjarbaru!

Ini Dia Cara Hemat Menuju Pulau Togean!

Secara administratif Kepulauan Togean berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Tojo Una-Una yang memiliki Ibu Kota Ampana merupakan jalur tercepat dan termudah menuju Pulau Togean loh guys.

Posisi Kepulauan Togean yang berada di tengah Teluk Tomini sebenarnya dapat di jangkau dari 6 kabupaten di sekitar pesisir Teluk Tomini.

Namun, yang memiliki jalur transportasi publik secara rutin hanya ada 3 jalur yaitu Ampana, Paguat (Pohuwato) dan Gorontalo.

Cara Menuju Pulau Togean via Ampana

Senja Di Pulau Togean
Senja Di Pulau Togean

Kota Ampana terletak di sebelah selatan dari Kepulauan Togean. Sebelumnya jika kamu ingin menuju Ampana hanya dapat ditempuh melalui jalur darat dari Palu, Poso atau Luwuk.

Namun, sejak oktober 2016 Bandara Tanjung Api Ampana telah dioperasikan dan didarati Maskapai Wings Air penerbangan dari Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah menuju Bandara Tanjung Api PP.

Jika kamu dari Jakarta maka akan mendapat penerbangan yang terkoneksi dari Jakarta ke Palu dan Palu ke Ampana.

Kamu harus perhatikan jadwal penerbangan Wings Air dari Palu ke Ampana juga ya, saai ini hanya ada jam 11.25 WITA saja, sehingga kamu harus menyesuaikan jam penerbangan dari Jakarta menuju Palu supaya enggak ketinggalan guys.

Jika dari kota lain, biasanya akan transit di Makassar atau Balikpapan sebelum menuju Palu. Tapi, konektivitas jalur ini memaksa kamu harus menginap di Palu lebih dulu dan melanjutkan menuju Ampana keesokan harinya. Kita do’akan saja semoga jalur langsung penerbangan Makassar ke Ampana bisa segera terbuka ya.

Pilihan jalur lain di seputar Sulawesi Tengah adalah Makassar ke Poso dengan Wings Air dan melanjutkan perjalanan darat 4 Jam ke Ampana. Jalur lain adalah Makassar ke Luwuk dengan Garuda, Sriwijaya, dan Lion kemudian melanjutkan perjalanan ke Ampana sekitar 5 Jam.

Dari Ampana, Jalan ke Pulau Togean semakin mudah dan cepat dengan adanya layanan publik speedboat 2 kali sehari. Tujuannya dari Ampana menuju Wakai, pulai ini adalah pusat perdagangan di Kepulauan Togean. Waktu tempuh publik speedboat dari Ampana ke Wakai sekitar 90 menit.

Sebelumnya pilihan jalan ke Pulau Togean hanya ada pada kapal fery dengan waktu tempuh sekitar 6 jam ke wakai, atau kapal kayu Puspita dan Kapia sekitar 4 jam ke Wakai.

Dari Wakai untuk menuju ke Pulau tempat menginap di sekitar Pulau Kadidiri, sekitar Katupat atau Pulau Malenge, atau ke Pulau Una-Una maka harus menyewa boat kecil tradisional yang disebut Jarangka dengan pilihan mesin tempel (outboard marine) atau katinting.

Baca Juga : Pulau Marore, Di Mana Sih Itu?

Cara Menuju Pulau Togean via Gorontalo

Keindahan Bawah Laut Pulau Togean
Keindahan Bawah Laut Pulau Togean

Jalur lain menuju Pulau Togean adalah melalui Gorontalo. Kota Gorontalo terletak di sebelah utara Kepulauan Togean. Jalur Gorontalo mempunyai rute penerbangan yang paling mudah. Karena Bandara Sultan Jalaludin di Gorontalo telah dilayani hampir semua Maskapai seperti Garuda, Sriwijaya, Lion dan Batik.

Perjalanan dari Gorontalo ke Wakai menggunakan Fery dengan waktu tempuh sekitar 12 jam dan hanya tersedia 2 kali seminggu yaitu hari Selasa dan Jumat. Sebelum menuju pelabuhan Fery, kamu bisa jalan-jalan dulu di seputaran Kota Gorontalo.

Terdapat banyak tempat wisata menarik di Kota Gorontalo dan yang paling diminati adalah kemunculan Whale shark (Hiu Paus) di Pantai Botubarani.

Namun saat ini hiu paus tersebut sudah tidak muncul lagi. Jika kamu berminat melalui kota Gorontalo untuk dapat berenang bersama Hiu Paus sebaiknya konfirmasikan kemunculannya terlebih dahulu, sehingga kamu dapat membuat pilihan alternatif cara menuju Pulau Togean lain yang lebih mudah.

Baca Juga :Mengintip Kekayaan Budaya di Desa Wisata Tanon Semarang!

Cara Menuju Pulau Togean melalui Paguat, Pohuwato

Wisata Alam Pulau Togean
Wisata Alam Pulau Togean

Pilihan lain jalur jalan ke pulau togean selain Gorontalo adalah dengan melalui Pelabuhan Bumbulan di Paguat, Kabupaten Pohuwato. Setelah mendarat di Bandara Jalaludin Gorontalo, harus menempuh perjalanan darat dengan mobil sekitar 4 jam menuju Paguat.

Dari kota Paguat terdapat jalur fery menuju Dolong di Kecamatan Walea Kepulauan dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Di sekitar Walea Kepulauan terdapat beberapa cottage/resort yang dapat menjadi pilihan kamu untuk menginap.

Baca Juga : Keindahan Pulau Banggai Laut di Sore Hari

So, itulah sedikit gambaran cara menuju taman wisata Kepulauan Togean ya guys. Semoga kamu terinspirasi untuk datang ke sini, dan semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang mau berlibur tapi belum tau mau liburan ke mana. Ayo guys, majukan wisata dalam negeri yaa.

 

06 comments on “Cara Menuju Pulau Togean, Salah Satu Surganya Indonesia!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *