Ingin Liburan Awal Tahun? Ini Nih 5 Tips Hematnya

Setiap orang selalu menginginkan bisa backpacking ke berbagai tempat wisata menarik di dunia, namun tak jarang diantara mereka terbentur masalah biaya, apalagi mereka yang masih menyandang status pelajar dan mahasiswa.

Tapi minimnya uang bukan berarti kamu nggak bisa backpacking. Mungkin beberapa tips ini akan menjadikan kamu memiliki perjalanan yang hebat dalam waktu singkat, tanpa harus khawatir dengan keuangan.

Seorang backpacker harus efisiensi

Seorang Backpacker
Seorang Backpacker

Prinsip ini yang harus dimiliki oleh seoarang backpaker dalam sebuah perjalanannya. Contoh efisiensi dalam membawa barang bawaan jangan sampai terlalu banyak, yang bisa membuang uang yang nggak terlalu penting untuk biaya bagasi pesawat.

Selain itu efisiensi waktu pun sangat diperlukan untuk mengatur jadwal perjalanan kamu. Nggak mau kan perjalanan berantakan karena tertinggal pesawat.

Cari penginapan yang dilengkapi dapur

Cari penginapan yang dilengkapi dapur
Cari penginapan yang dilengkapi dapur

Mungkin untuk sebagian orang lebih memilih penginapan yang disediakan sarapan pagi, karena tidak mau repot. Padahal penginapan yang menyediakan alat masak dapat menghemat pengeluaran kamu dalam waktu lama. Kamu pun bisa menyediakan menu makanan sesuai selera sendiri.

Baca juga : 5 Hotel Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, Mungkin Kamu Pernah Kesini?

Membawa makanan ringan

Makanan Ringan
Makanan Ringan

Membawa makanan ringan sendiri akan membantu kamu melawan ‘lapar semu’ yang kerap datang tiba-tiba di sela-sela waktu makan. Dengan membawa makanan ringan sendiri, uang saku kamu selama backapacking bisa bertahan lebih lama, karena tidak harus dihamburkan membeli makanan yang tidak perlu.

Booking di Awal

Booking Tiket
Booking Tiket

Booking bukan hanya soal tiket pesawat saja tetapi booking juga penginapan di daerah yang kita tuju. Banyaklah cari agensi perjalanan yang menyediakan promo, mungkin restutiket.com bisa jadi salah satu referensi tiket murah. Untuk booking penginapan kamu harus cari tahu tentang harga sewa penginapan dan booking di awal.

Selain menghindari mencari penginapan on the spot yang harganya akan melambung tinggi, cara ini juga dapat mengatur estimasi keuangan kamu.

Jangan takut berjalan kaki

Backpaker
Backpaker

Perjalanan ini adalah backpacking bukan traveling, maka jangan takut untuk berjalan, bukan menggunakan taksi atau sewa mobil. Mungkin lebih mudah namun dengan cara ini dapat menghamburkan uang kamu.

Baca juga : 6 Tempat Wisata Tahun Baru Asik Di Jogja Yang Bisa Kamu Kunjungi

Jika perjalanan cukup jauh, kamu bisa gunakan kendaraan umum walau harus keluar masuk terminal. Tapi, hal itu akan membuat perjalanan kamu banyak cerita loh yang bisa tuliskan dalam sebuah cacatan perjalanan.

 

So, ayo mulailah perjalananmu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *