Liburan Akhir Tahun

Ingin Liburan Hemat Akhir Tahun? Ini 5 Tips Merencanakannya!

Tidak terasa sebentar lagi libur Natal dan Tahun Baru segera tiba, ini adalah momen terbaik untuk berlibur. Sehingga membuat banyak orang yang tidak ingin melewatkan momen liburan panjang ini.

Selain itu, liburan akhir tahun juga menjadi favorit banyak orang karena banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai acara dan festival yang meriah.

5 Tips Merencanakan Liburan Hemat Akhir Tahun!

Nah, tingginya keinginan untuk berlibur mengakibatkan lonjakan harga sebagian besar hotel dan pesawat setiap menjelang musim liburan akhir tahun. Tapi tenang, kamu bisa menyiasatinya agar liburan tetap hemat, menyenangkan, dan tak terlupakan.

Baca Juga : First Impression Balikpapan! Kota Indah dengan Sejuta Semangat

Berikut 5 ini cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran liburan akhir tahun:

Pilih destinasi wisata yang anti mainstream

Pendakian Gunung Sindoro
Pendakian Gunung Sindoro

Sebelum merencanakan liburan memilih tempat wisata adalah hal terpenting, tentunya hal ini tergantung selera dan keinginan kamu. Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang bisa dipilih mulai dari wisata alam, naik gunung, museum bersejarah atau juga wisata belanja bagi yang gemar shopping.

Namun, jangan berharap mengunjungi destinasi populer karena pastinya akan penuh sesak oleh pengunjung. Sebaiknya, coba untuk memilih destinasi yang kira-kira jarang dikunjungi orang.

Mengunjungi tempat yang belum menjadi tujuan wisatawan juga bisa menghadirkan cerita tersendiri karena tempatnya yang relatif lebih sepi jadi kamu lebih leluasa menikmatinya.

Jangan beli tiket dadakan

Balikpapan Islamic Center (BIC)
Bandara Balikpapan

Keberhasilan dalam melakukan liburan adalah merencanakan perjalanan dengan baik. Maka, jika kamu berniat berlibur akhir tahun, rencanakanlah dari jauh-jauh hari, minimal dari 3-1 bulan sebelumnya.

Hal ini akan membantu kamu untuk fokus mencari tiket perjalanan supaya tidak kehabisan dan dengan harga tiket murah.

Manfaatkan teman

Balikpapan

Peribahasanya “banyak teman, banyak rezeki” memanglah benar. Semakin banyak kamu memiliki teman, maka semakin membantumu disetiap perjalanan.

Contohnya, ketika kamu sampai di sebuah kota, hubungilah temanmu kemudian cobalah untuk meminjam mobilnya, syukur-syukur dia mau mengantarmu untuk berkeliling. Jadi, double kan dapat pinjaman mobil dan dapat guide gratis.

Nikmati penginapan gratis

Cari penginapan yang dilengkapi dapur
Cari penginapan yang dilengkapi dapur

Sebenarnya untuk penginapan, di kota-kota besar di Indonesia pada umumnya sudah memiliki banyak opsi penginapan murah. Namun, menginap di rumah teman atau saudara juga bisa menjadi alternatif yang bagus.

Dengan pilihan penginapan gratis satu ini, kamu bisa menghemat uang penginapan atau bahkan biaya makan sambil mempererat tali silaturahmi.

Baca Juga : Take Me Back To Liwa, Perjalanan Panjang Menuju Lampung Barat!

Kemana pun tujuan kamu berlibur pastikan selamat sampai kembali ke rumah. Berdoalah sebelum berangkat dan setiap melakukan kegiatan karena kembali ke rumah adalah tujuan utama dari setiap perjalanan.

Dan usahakan selalu menjaga kesehatan dengan baik sebelum atau setelah melakukan liburan. Caranya makan teratur, beristirahat cukup serta berolah raga teratur untuk menjaga kondisi tetap fit .

Dengan tubuh yang fit kamu akan menikmati liburan akhir tahun dengan baik dan nyaman sehingga membuat liburan kamu semakin menyenangkan.

***

Baca Juga : Sebuah Impian Perjalanan Naik Motor!

So, persiapkan rencana liburan kamu dengan bijak, supaya dapat menikmati liburan dengan nyaman, sekaligus menjaga kondisi keuangan tetap stabil dalam jangka panjang.

Ayo, segera rencanakan liburan akhir tahun kamu, dan tutup tahun ini dengan momen yang berkesan dan menyenangkan!

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *