Mudik Lebaran Bersama Si Kecil? Yuk, Persiapkan 5 Hal Ini Agar Aman dan Menyenangkan!Mudik Lebaran Bersama Si Kecil? Yuk, Persiapkan 5 Hal Ini Agar Aman dan Menyenangkan!

Mudik Lebaran Bersama Anak? Yuk, Persiapkan 5 Hal Ini Agar Aman dan Menyenangkan!

Tak terasa Bulan Ramadan sudah tiba, ada sebuah tradisi yang tidak lepas dari masyarakat Indonesia ketika puasa berakhir. Yaitu mudik lebaran bersama anak dan keluarga, beberapa keluarga bahkan sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Jika kamu berangkat bersama anak-anak tentu akan banyak perlengkapan yang perlu disiapkan. Nah, berikut ini tips mudik bersama anak-anak dengan menggunakan mobil pribadi.

Hal yang terpenting dipersiapkan sebelum mudik adalah mengecek kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa service dan ganti oli mesin agar tetap nyaman berkendara di jalan.

Setelah kendaraan sudah siap, ada hal lain yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari dengan mencicil perlengkapan mudik bersama anak dari sekarang.

Baca Juga : Take Me Back To Liwa, Perjalanan Panjang Menuju Lampung Barat!

Tentu akan sedikit merepotkan, tapi saat mudik lebaran nanti semua akan mudah karena sudah dipersiapkan dengan matang. Nah, yuk simak beberapa tips mudik aman bersama anak.

Sediakan Ruang Untuk Gerak Anak dan Tempatkan Anak di Bagian Belakang

Sediakan Ruang Untuk Gerak Anak dan Tempatkan Anak di Bagian Belakang
Sediakan Ruang Untuk Gerak Anak dan Tempatkan Anak di Bagian Belakang

Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan. Mobil tipe sedan tidak disarankan digunakan untuk mudik jarak jauh. Ruang yang sempit sembuat anak-anak tidak bisa bebas bergerak.

Sebaiknya menggunakan mobil tipe SUV atau MPV, seperti All New Daihatsu Terios dan All New Daihatsu Xenia. Pasti akan sangat nyaman untuk anak-anak karena memiliki head room yang tinggi dan leg room yang lega terutama di baris kedua.

Persiapan Jika Si Kecil Mabuk Perjalanan

Persiapan Jika Si Kecil Mabuk Perjalanan
Persiapan Jika Si Kecil Mabuk Perjalanan

Siapkan obat untuk mabuk perjalanan dan sediakan juga plastik untuk kantong muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan.

Pastikan kantong plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di belakang kursi pengemudi atau di samping pintu yang memiliki kantong.

Utamakan Membawa Perlengkapan Si Kecil

Utamakan Membawa Perlengkapan Si Kecil
Utamakan Membawa Perlengkapan Si Kecil

Bawaan barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tisu kering dan basah, botol minum, pensil warna atau crayon warna serta kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan mudik yang panjang.

Perbanyak koleksi buku bacaan yang menyenangkan dan referensi games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik lebaran. Bisa juga siapkan koleksi lagu-lagu atau film anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan. Jangan lupakan juga mainan favorit anakmu ya!

Cari Lokasi Rest Area yang Nyaman

Cari Lokasi Rest Area yang Nyaman
Cari Lokasi Rest Area yang Nyaman

Berhentilah berkendara setiap tiga jam hingga lima jam sekali, untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Jangan lupa bekali mereka dengan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan selama perjalanan. Hindari jajan saat perjalanan karena selain belum terjamin sehat, kamu juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan membawa bekal dari rumah.

Lengkapi Kendaraan P3K

Lengkapi Kendaraan P3K
Lengkapi Kendaraan P3K

Kotak P3K hal yang tidak boleh terlewat ketika mudik lebaran. Pastikan tidak hanya berisi obat-obatan untuk dewasa.

Bawa juga obat-obatan untuk anak-anak seperti plester luka, termometer, minyak telon, obat penurun panas, hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap kuat selama perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga : Ingin Liburan Lebaran Bersama Keluarga? Simak Dulu 7 Tips Berikut Ini!

So, selalu persiapan mudik lebaran harus dilakukan jauh-jauh hari ya guys. Semoga perjalanan kamu menyenangkan dan bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *