Pulau Marore Indonesia

Pulau Marore, Di Mana Sih Itu?

Apa kalian pernah dengar sebuah pulau bernama Pulau Marore? Jujur sih saya saja baru tau.

YapPulau Marore  terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan langsung dengan negara Filipina loh. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau SangiheYa, itu hanyalah letak “geografis” saja. Tapi, di mana sih Pulau Marore itu? Mungkin dengan gambar dari Google Maps ini bisa membantu kamu.

Pulau Marore, Marore, Kepulauan Sangihe Regency, North Sulawesi
Pulau Marore, Marore, Kepulauan Sangihe Regency, North Sulawesi

Letaknya jauh dari mana-mana, bukan?

Pusat pemerintahan Pulau Marore berada di Kabupaten Sangihe, jaraknya sekitar 87 mil dan membutuhkan waktu tempuh menggunakan kapal perintis sekitar 5 hingga 8 jam, wah seperti perjalanan dari jakarta – ke sukabumi ya.

Ternyata, faktor penyebab dari lamanya perjalanan itu karena kapal perintis yang beroperasi itu harus melayani seluruh pulau-pulau yang berada di sekitar Pulau Marore. Makanya lama deh perjalanannya.

Peta Pulau Marore
Peta Pulau Marore

Sedangkan untuk sampai di Pulau Sarangani, Filipina hanya membutuhkan 2-4 jam perjalanan laut, jaraknya pun hanya sekitar 40 mil saja. Lebih dekat ke negara tetangga ya.

Itu pula yang menyebabkan beberapa kebutuhan warga Pulau Marore mengandalkan dari negara tetangga, selain jarak tempuh lebih singkat dan juga harganya lebih terjangkau. Jangan tanya soal jiwa nasionalis ya. Kalau saya ada diposisi itu sama kok akan cari yang lebih mudah.

Kebayangkan bagaimana keadaan disini? mereka harus mempertahannya pulau ini dengan godaan produk produk di Filipina yg lebih mudah di dapat.

Baca juga : KRI dr. Soeharso, Kapal Rumah Sakit Satu Satunya RI

Namun yang saya salut kepada warga di sini masih menggunakan produk Indonesia, terlebih untuk kebutuhan pokoknya. Seperti sayur masih diperoleh dari Manado dengan menaiki kapal perintis yang hanya 2 minggu sekali datangnya, pastinya harganya pun melambung tinggi.

Sedangkan untuk kebutuhan seperti telur, beras, mie sudah bisa di dapat di pulau Sangihe, Filipina. Soal ikan mah jangan ditanya di sini banyak ikannya gede-gede murah pula. Karena stok ikan yang sangat melimpah jadi di olah menjadi ikan asin.

Pulau yang tidak terlalu besar ini dihuni sekitar 600 jiwa dengan 130 kepala keluarga. Warga di sini kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan berkebun seperti kelapa, buah pala dan cengkih.

Salah Satu Pantai Di Pulau Marore
Salah Satu Pantai Di Pulau Marore

Mungkin kalau bukan karena Satuan Tugas Surya Bhaskara Jaya 2015 TNI Angkatan Laut, saya pun nggak akan tau di mana itu Pulau Marore.

Baca juga : Upacara Pemberangkatan Surya Bhaskara Jaya 2015

So, sudah tau kan letak salah satu Pulau Terdepan Indonesia? Lalu, kapan kamu mau liburan kesini?

Baca juga : Pulau Marore, Pulau Terdepan Bukan Terluar!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *