Bawah Laut Wakatobi

3 Spot Diving Paling Eksotis di Indonesia

Tak usah dulu berfikir bisa berwisata ke Eropa, Amerika, atau Afrika. Indonesia punya banyak sekali destinasi wisata yang layak buat dikunjungi. Terlebih bagi kamu pecinta keindahan bawah laut. Bukankah Indonesia mempunyai wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan?

Tak mengherankan kalau negeri ini punya banyak sekali taman laut yang keeksotisannya telah tersohor di seluruh penjuru dunia. Liburan nanti, nggak ada salahnya untuk membikin agenda pariwisata ke beberapa destinasi wisata bahari berikut ini.

Raja Ampat

Bawah Laut Indonesia
Bawah Laut Indonesia

Sudah pasti Raja Ampat menempati peringkat pertama. Kepulauan yang terletak di Indonesia timur ini memang memesona. Di sana diperkirakan terdapat 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan ini bikin Raja Ampat disebut-sebut sebagai perpustakaan terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

Tak mengherankan memang kalau destinasi ini jadi favorit banyak penyelam dunia. Semua keindahan yang tersimpan di dalamnya bisa dinikmati dengan mudah. Hal ini dikarenakan jarak pandang bawah airnya sangat baik, yakni berkisar antara 10 hingga 30 meter.

Jika ingin berkunjung ke sini, waktu terbaiknya adalah bulan Oktober sampai April. Opsi lainnya, Mei sampai pertengahan Juni atau dua minggu terakhir bulan September.

Taman Nasional Bunaken

Bawah Laut Bunaken
Bawah Laut Bunaken

Pulau yang terletak di Teluk Manado, sebelah utara Pulau Sulawesi ini luasnya mencapai 8,08 kilometer persegi. Di sana terdapat Taman Laut Bunaken yang jadi bagian Taman Nasional Bunaken (TNB). Jika ditotal, keseluruhan luas TNB mencapai 75.265 hektare dengan lima pulau kecil di dalamnya.

Pengunjung dijamin bakalan puas jika diving di sini. Total terdapat 20 titip penyelaman yang kedalamannya bermacam-macam.

Selain itu, daya tarik TNB juga terdapat pada keberadaan underwater great walls yang berdiri vertikal sejauh 25 sampai 50 meter. Terumbu karang Bunaken pun tak kalah luar biasa. Ia menjadi tempat hidup sekitar 2.000 jenis ikan dan biota laut.

Jika berniat menyelam lebih dalam, kamu bisa menyaksikan aneka ikan yang jarang ditemui, seperti ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, cakalang, barakuda, dan hingga paus.

Taman Nasional Wakatobi

Bawah Laut Wakatobi
Bawah Laut Wakatobi

Masih di Indonesia Timur, tepatnya di Sulawesi Tenggara terdapat spot terbaik bagi pecinta surga bawah laut bernama Wakatobi. Di sini pula hidup lebih dari 3.000 spesies ikan dan 600 jenis terumbu karang. Di sana kamu bakalan dimanjakan dengan berbagai aktivitas menyenangkan.

Misalnya saja snorkeling di pulau Tomia dan pulau Hoga atau sekedar santai menikmati keindahan pantai Patuno. Kalau pun ingin berwisata sejarah, kamu bisa berkunjung ke situs Benteng Patua.

Jangan ketinggalan pula untuk mencicipi kuliner setempat ya! Menu yang paling favorit adalah Kasuami dan Ikan Bakar Parende.

Tak usah ditunda lagi, buktikan sendiri keindahan Indonesia dengan traveling! dan ingat Indonesia semakin timur semakin indah.

One comment on “3 Spot Diving Paling Eksotis di Indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *