Ini Dia 5 Tempat Wisata Favorit Di Sukabumi, Alternatif Liburan Dekat Ibu Kota!

Buat kamu yang berniat ingin liburan ke Bali atau Lombok, mungkin harus mencari alternatif liburan. Karena dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini terlalu berisiko untuk melakukan perjalanan menggunakan moda pesawat terbang. Lebih baik mencari liburan hemat dan tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta bukan?

Mungkin tempat wisata di Sukabumi cocok nih buat alternatif liburan kamu. Di Sukabumi banyak tempat yang asyik loh, contohnya hamparan persawahan seperti di Ubud Bali, lalu ada pantai juga yang enggak kalah dari pantai di Lombok. Semua tempat wisata terwakilkan di Sukabumi.

Baca Juga : Gunung Bunder, Kawasan Wisata Sejuk di Kaki Gunung Salak

Tempat Wisata di Sukabumi, Tak Kalah dengan Bali atau Lombok!

Jarak Sukabumi juga tidak terlalu jauh dari ibu kota, hanya dua jam dari Jakarta, satu jam dari Bandung. Buat kamu yang ingin menikmati suasana alam asri, yuk wisata ke Sukabumi.

Berikut ini nih, 5 tempat wisata di Sukabumi yang perlu kamu kunjungi:

  1. Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung
Jembatan Gantung Situ Gunung

Kalau kamu ingin menikmati suasana seperti di Danau Batur? Nah, wisata di Sukabumi juga ada kok, namanya Situ Gunung. Sebuah danau yang sangat hijau dan indah berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Terletak sekitar 16 kilometer dari Kota Sukabumi tepatnya di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi.

Seperti layaknya sebuah wisata danau, di sini kamu dapat bermain perahu, berkemah, berpiknik, memancing, dan lain-lain. Nah, yang terbaru adalah jembatan gantung yang tertinggi dan terpanjang di Jawa Barat loh.

Baca juga : 6 Tempat Wisata Karimunjawa yang Wajib Kamu Kunjungi!

  1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang dan memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai ini menawarkan ketenangan bersama alam sehingga dapat mengobati segala kepenatan sehari-hari yang telah menumpuk di kepala kamu. Ombak yang tinggi di pantai ini bisa menjadi pilihan lain para peselancar selain Pulau Dewata.

Berlokasi di Kecamatan Ciracap, sekitar 220 KM dari Jakarta, wisata alam Sukabumi ini memang cukup jauh namun kamu nggak akan kecewa ketika menyaksikan secara langsung pantai berpasir putih dengan ombak yang menggulung di Pantai Ujung Genteng. Selain itu kamu juga dapat berselancar dan memancing ikan di Pantai ini.

Baca juga : Cara Menuju Pulau Togean, Salah Satu Surganya Indonesia!

  1. Kawah Ratu

Kawah Ratu
Kawah Ratu

Kawah yang terletak di lereng Gunung Salak ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang menjadi favorit wisatawan sekitar ataupun dari luar daerah.

Tapi, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dengan berjalan kaki untuk mencapai kawahnya. Pastikan fisik kamu kuat ya untuk melakukan perjalanan ini.

Baca juga : Keindahan Kota Patria, Pas Buat Destinasi Merajut Asmara

  1. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar

Di Sukabumi terdapat desa bernama Kampung Ciptagelar yang warganya masih memilih mempertahankan kearifan lokal dengan tinggal di rumah yang beratapkan jerami.

Terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Kampung Ciptagelar sudah ada sekitar 650 tahun yang lalu dan tetap mempertahankan adat turun-temurunnya. Sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang seru dan tak terlupakan.

Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, kamu harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan di kampung ini yang tak dapat kamu jumpai di tempat lain.

Baca juga : Taklukkan Gebetan Ajak Jalan Keliling ke Kota Hujan

  1. Curug Cikaso

 Curug Cikaso
Curug Cikaso

Kamu berniat ke air terjun di Bali atau di Sembalun? Nah, di Sukabumi juga ada air terjun kok. Bernama Curug Cikaso yang mengalir dari anak sungai Cikaso. Curug Cikaso, sebenarnya bernama Curug Luhur. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan penat.

Baca juga : 5 Hotel Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, Kamu Pernah Kesini?

So, yakin liburan ke Bali atau ke Lombok? Mending menuju tempat wisata di Sukabumi dengan suasana yang sama tapi dengan budget yang lebih hemat.

02 comments on “Ini Dia 5 Tempat Wisata Favorit Di Sukabumi, Alternatif Liburan Dekat Ibu Kota!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *